4/22/2013

Jaringan LAN, MAN, dan WAN

secara umum, jaringan komputer ada 5 macam. Yaitu LAN, MAN, WAN, Internet dan Wireless.
Berikut akan saya jelaskan tentang jaringan komputer tersebut.

1. LAN
    Local Area Network atau yang biasa disebut dengan LAN adalah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal. Perangkat jaringannya pun bisa dibilang sederhana dan sudah terkenal di masyarakat. Seperti kabel UTP, Switch, Router, Hub, dll. Contoh dari penggunaan jaringan LAN seperti yang digunakan di sekolah-sekolah, warnet, maupun antar rumah tetangga.

Di bawah ini adalah contoh gambar jaringan LAN:

                                                                                                                                                                               
Kelebihan menggunakan jaringan LAN ini antara lain lebih irit dalam biaya operasional, penggunaan kabel lebih irit, transfer data antar komputer lebih cepat, tidak memerlukan operator telekomunikasi.
Sementara kekurangan dari jaringan LAN yaitu area cakupan transfer tidak begitu luas dan cakupan wilayah jaringan lebih sempit.

2. MAN
    Metropolitan Area Network atau yang biasa disebut MAN adalah jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada LAN. Biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari satu kota ke kota lain. Contoh jaringan MAN yaitu seperti jaringan Departmen pendidikan antar kota.



                                                                                   
Kelebihan jaringan MAN ini antara lain cakupan wilayah jaringan lebih luas, komunikasi lebih efisien, keamanan jaringan lebih baik.
sementara kekurangan jaringan MAN ini adalah membutuhkan biaya operasional lebih banyak, untuk memperbaiki jaringan MAN apabila jaringan ini rusak membutuhkan waktu yang cukup lama.

3. WAN
    Wide Area Network atau yang biasa disebut WAN adalah jaringan komputer gabungan dari berbagai MAN dan biasanya dipakai untuk menghubungkan antar negara. Jaringan WAN ini biasanya menggunakan kabel fiber optic yang ditanamkan di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.
  

Kelebihan jaringan WAN ini antara lain adalah cakupan jaringan paling luas, tukar menukar informasi menjadi lebih rahasia dan terarah, mempermudah dalam hal bisnis.
Kekurangan dan kelemahan jaringan ini antara lain membutuhkan biaya operasional yang banyak,  sangat rentan terhadap pencurian data-data penting, perawatannya lebih berat.


                                

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment