1/24/2013

DUNIA FOTOGRAFI


aku sendiri baru kenal dunia fotografi itu waktu kelas 9 akhir, soalnya pas itu udah punya slr dan langsung pengen tau lebih lanjut tentang fotografi. Dan ini yang aku tentang fotografi...

 
 Kamera, pasti semua orang tau kan apa itu kamera? sebuah alat yang kemunculannya sudah sejak lama. Kamera berawal dari sebuah alat serupa yang dikenal dengan kamera obscura yang merupakan kotak kamera yang belum dilengkapi dengan film untuk menangkap gambar atau bayangan. Pada abad ke 16 Girolamo Cardano melengkapi kamera obscura dengan lensa pada bagian depan kamera obscura tersebut. Meski demikian, bayangan yang dihasilkan ternyata tidak tahan lama, sehingga penemuan Girolamo belum dianggap sebagai dunia fotografi. Pada tahun 1727 Johann Schultze dalam penelitiannya menemukan bahwa garam perak sangat peka terhada cahaya namun beliau belum menemukan konsep bagaimana langkah untuk meneruskan gagasannya.

Pada tahun 1826 , Joseph Nicepore Niece mempublikasikan gambar dari bayangan yang dihasilkan kameranya, yang berupa gambaran kabur atap-atap rumah pada sebuah lempengan campuran timah yang dipekakan yang kemudian dikenal sebagai foto pertama. Kemudian, pada tahun 1839, Louis Daguerre mempublikasikan temuannya berupa gambar yang dihasilkan dari bayangan sebuah jalan di Paris pada sebuah pelat tembaga berlapis perak. Daguerre yang mengadakan kongsi pada tahun 1829dengan Niepce meneruskan program pengembangan kamera, meski Niepce meninggal dunia pada 1833, mengembangkan kamera yang dikenal sebagai kamera daguerreotype yang dianggap praktis dalam dunia fotografi, dimana sebagai imbalan atas temuannya, Pemerintah Perancis memberikan hadiah uang pensiun seumur hidup kepada Daguerre dan keluarga Niepce. Kamera daguerreotype kemudian berkembang menjadi kamera yang dikembangkan sekarang. Dan dalam dunia Fotografi, ada beberapa macam kamera seperti kamera dslr, pocket cam, polaroid, dll.

DUNIA FOTOGRAFI berarti juga dunia tentang foto dan hasil jepretan dari sebuah kamera. Fotografer  yang baik adalah  yang menghasilkan foto yang benar" memanfaatkan momen dan tidak melewatkan momen walaupun mungkin momen itu di anggap sepele atau biasa oleh orang awam. ada yang bernama "macro photograph", yaitu foto yang di ambil dari angle yang rendah dan mendetail tentang suatu benda atau biasanya makhluk hidup yang kecil. Macro photograph ini biasanya bermanfaat untuk penelitian. 

KINI di dunia yang serba modern seperti sekarang, profesi fotografer juga salah satu profesi yang menjanjikan. Kita bisa menjadi fotografer untuk media masaa, fotografer di lapangan sepak bola, maupun fotografer yang bekerja untuk perusahaan tertentu, misalnya fotografer mobil.  

Bagaimana? tertarik untuk menjadi seorang fotografer, selain menjadi hobby juga akan menjadi profesi yang menarik :) selamat datang di dunia fotografiiii...... 

ini artikel pertama saya tentang FOTOGRAFI, mungkin saya akan mengepost artikel tentang ini lagi di lain hari :) bye... 

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment